Review ASUS EeeBook E203: Laptop Tipis yang Gak Bikin Dompet Tipis

pict from Asus edited by Info Teknologi

Jika kamu mencari laptop minimalis yang enak dibawa kemana aja, daya tahan baterai yang super kuat, mobilitas tinggi, dan desain yang elegan. Saya akan merekomendasikan laptop dari asus, yaitu Asus EeeBook E203. Kenapa saya merekomendasikan laptop ini, karena laptop Asus EeeBook E203 ini sudah memenuhi semua kriteria yang sudah saya sebutkan tadi. Kalau mau tahu lebih lengkap baca artikel ini sampai habis ya!!.
infographic by Info Teknologi


Kinerja


Untuk urusan kinerja, dilaptop EeeBook E203 ini ASUS menanamkan prosessor Intel N3350 berbasis Apollo Lake, prosessor tersebut mengedepankan penghematan daya tanpa mengurangi performa dari prosessor itu sendiri, bahkan menariknya prosessor ini mampu menjalankan konten beresolusi  4K dengan lancar (FYI : laptop 5 jutaan saya aja gak bisa, hiks-hiks) dan juga prosessor ini mendukung teknologi fanless design yang membuat laptop tetap dingin tanpa adanya kipas yang berisik (karena tidak adanya kipas juga yang membuat laptop ini bisa lebih tipis). Selain itu laptop ini juga memiliki RAM dengan kapasitas 2GB/4GB yang berjenis DDR3L (dimana ram jenis ini dekenal lebih hemat daya dibanding jenis ram yang lain). Sementara untuk urusan tempat penyimpanannya, laptop ini menggunakan HDD berkapasitas 500GB, ukuran tersebut cukup untuk menyimpan banyak file mulai dari foto, video, musik, dll. Dengan spesifikasi tersebut baterai Asus EeeBook E203 mampu bertahan hingga 10 JAM!!! Mungkin ada sebagian orang yang tidak percaya, karena biasanya laptop dengan ketahanan baterai 10 jam keatas adalah laptop yang berjenis UltraBook yang dimana harganya bisa mencapai 4 kali lipat dari harga EeeBook E203 ini. Oh iya, laptop ini menggunakan Endless OS sebagai sistem operasi bawaannya, banyak hal menarik dari OS ini mulai dari tampilannya yang bersih dan menarik, ada juga 100 aplikasi gratis yang disediakan langsung oleh Endless OS nya, hal yang menarik bukan. Karena hal itu lah laptop ini recomended.  Jika kalian tau lebih jelas bisa kunjungi www.asus.com/id/Laptops/ASUS-E203NAH .
 
pict by Info Teknologi

Desain

Sektor desain meruakan salah satu sektor utama yang ditonjolkan dilaptop Asus EeeBook E203 ini. Karena desainnya yang ringan dan ringkas. Laptop ini lebih kecil dari kertas A4 dan beratnya hanya 980 gram, dan juga lebih tipis 3% dari versi sebelumnya. Dan laptop ini merupakan salah satu laptop teringan di kelas 11’6 inch pada saat ini. Jadi ini adalah laptop yang selalu siap untuk dibawa kemana saja.
pict from asus 

Untuk varian warnanya Asus EeeBook E203 tersedia dalam tiga gradasi warna, yaitu : Star Grey, Metal Pink, dan Pearl White. Ditambah motif heksagonal unik dibagian cover belakang menambah kesan unik dan futuristik.
pict from asus

Nilai tambah lain yang terdapat dilaptop ini adalah, engselnya yang bisa diputar hingga 180°. Bagi yang bertanya-tanya “apasih gunanya, bisa dibuka selebar 180°?”. Jadi gini misalnya jika kita mau memperlihatkan apa yang terlihat dilaptop kita ke orang yang ada disekitar, biasanya kita memutar laptop kesana kemari. Nah dengan ensel yang bisa diputar 180°, kita gak perlu repot-repot memindahkan posisi laptop kita, kita tinggal membuka laptopnya secara penuh diatas meja dengan begitu kita bisa dengan nyaman berbagi konten dengan orang disekitar kita. Tapi jangan kawatir akan rusak, karena engselnya sudah dijamin tahan lama dengan diuji hingga 20.000 siklus tes buka tutup engsel.
pict from asus


Layar & Speaker

pict from asus


Dilaptop EeeBook E203 Asus membenamkan teknologi Video ASUS Tru2Life yang membuat video menjadi terlihat sangat baik. Melalui algoritma yang cerdas, yang meningkatkan ketajaman dan kontras dalam setiap piksel dan frame hingga 150%. Bagi yang tidak mengerti, singkatnya teknologi ASUS Tru2Life membuat gambar yang lebih hidup dan realistis. Tidak hanya itu didalam layarnya juga terdapat teknologi tampilan ASUS Splendid yang menghasilkan warna yang lebih kaya, lebih dalam, dan lebih akurat. Untuk urusan audio pun tidak kalah baik, Asus EeeBook E203 akan menghasilkan kualitas suara yang impresif, dengan adanya dual speaker dan teknologi ASUS SonicMaster yang menhasilkan suara yang mendalam. Jadi diharga sebanding Asus EeeBook E203 berada diatas angin dibanding laptop lainnya.

Konektivitas

Dari segi konektivitas dilaptop Asus EeeBook ini ada beberapa port yaitu, dibagian kanan ada 1 port microSD, 1 port HDMI, 1 port USB 3.1, dan 1 port USB Type-C. Sedangkan dibagian kiri laptop tedapat 1 port Jack 3,5 mm dan 1 port USB 3.1. Menarik memang dilaptop harga segini tapi sudah memakai teknologi terkini yaitu port USB Type-C dimana ini adalah versi USB yang paling mutakhir. Salah satu kelebihan dari USB Type-C adalah menawarkan kecepatan transfer data yang sangat kencang yang memungkinkan transfer file dengan ukuran 2GB dengan kecepatan kurang dari 2 detik, wow banget kan.
pict from asus


Keyboard & Touch Pad
pict from asus


Meskipun ukuran Asus EeeBook E203 ini kecil namun mengetik dilaptop ini akan sangat nyaman karena keyboardnya berukuran full-size dan key travelnya 1,6 mm. Yang membuat kita betah berlama-lama  mengetik dilaptop ini. Dan untuk urusan touchpad, dilaptop ini ukuran touchpadnya 17% lebih besar dibandingkan kometitor dengan ukuran layar yang sama, karena biasanya touchpad ukuran segini terdapat pada laptop 14” keatas. Jadi meskipun ukurannya kecil tidak mengurangi mobilitas laptop ini, karena keyboard dan touchpadnya sudah disesuaikan.

Kesimpulan

Jadi setelah saya membahas poin-poin diatas, saya menarik kesimpulan bahwa laptop ini cocok buat kamu-kamu yang pengen laptop murah, ringkas dan mudah dibawa kemana-mana tapi tetap powerfull dalam menjalani segala aktifitas sehari-hari. Jika harus dikatakan yang lebih spesifik lagi laptop ini cocok buat pelajar, mahasiswa, blogger, dl. Kenapa saya sangat merekomendasikan laptop ini, karena Asus EeeBook E203 adalah laptop terbaik dikisaran harga 3 jutaan, sejauh ini menurut saya.

Terimakasih telah membaca artikel review kali ini, sampai jumpa diartikel selanjutnya.


Komentar

  1. wah, kebetulan lagi cari laptop. kayaknya laptop ini pilihan yang tepat.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

GAMBAR PERSPEKTIF 2 TITIK HILANG

Gambar Prespektif

SEJARAH SINGKAT WINDOWS 8